Selasa, 27 Oktober 2015

Radio Favorit


Selasa, 27 Oktober 2015 | 23.00 WIB

Saya sangat suka dengerin radio, bahkan sudah hobby. Salah satu penyebabnya mungkin karena radio adalah alat elektronik/komunikasi yang pertama kali ada di rumah saya, bahkan tv kalah. Punya radio ketika masih SMP, tahun 1998. Telat banget ya, mungkin teman-teman udah punya dari kecil, dengerin Nini Pelet, Mak Lampir, Tutur Tinular, dsb. Jadi saya gak sempat dengerin sandiwara radio legenda tersebut.
Punya tv bahkan pas udah kerja, tahun 2007. Makanya gak begitu suka dengan nonton tv.

Dengerin radio bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Alasannya, semacam ada komunikasi lebih intim dengan penyiarnya. Beda dengan tv. Bahkan saking senangnya, bisa ngefans dengan acara/penyiarnya.

Saya juga punya beberapa radio favorit sejak SMP sampai sekarang.

RWK FM (Radio Wijaya Kusuma). Radio di Klaten ini mungkin dominasi anak muda waktu itu, tahun 1999-an. Paling seru pas kirim salam dan request lagu waktu jam 7 malam. Penyiar favoritnya Almas Anansa. Suaranya berat, orangnya gaul, bahkan dia masih ikut sejawainoman, pemuda karang taruna yang melayani tamu di resepsi.

Jogja Radio. Bermarkas di Jakal km 17, radio yang mirip Prambors ini bahkan saya pantengin dari jam 6 pagi sampe 12 malam. Penyiarnya gaul abis dan muda banget. Saya yang usia SMA menuju kuliah ngerasa klop dengan format penyiarannya. Sempat ada kuis tebak-tebakan yang baru bisa kejawab satu bulan kemudian, si pemenang dapat 3,5 juta kayaknya. Nilai yang cukup banyak waktu itu.

Hardrock FM. Mulai kuliah di STAN Jakarta tahun 2000, iseng-iseng dengerin radio, dapat channel radio ini. Penyiarnya Melanie Ricardo, sangat vokal dan pinter bikin pagi jadi ceria. Alhasil, saya sering telat masuk kampus gara-gara mantengin siarannya.

Female Radio. Tahun 2005 suka dengan acara Dongeng Pagi yang dibawain Poetri Soehendro. Asyik juga dengerin acara khusus anak untuk pagi hari. Malam hari acaranya After Hour oleh Rudi Dahlan. Ini penyiar super keren. Malam terasa syahdu. Obrolannya pun khas untuk pendengar usia 25-35 tahun.

Rock FM Ambon. Acara favoritnya My Song. Suara penyiarnya melankolis dan enak. Saya bahkan sempat bela-belain untuk ketemu langsung dengan penyiarnya. Ngobrol panjang lebar tentang acara tersebut. Sayang radio ini udah gak siaran lagi.

Swaragama FM. Suka dengan Dreamland jam 9-12 malam. Topik yang dibahas seputar kuliah dan permasalahan sehari-hari, dengan suasana melow. Namun, mulai 5 Oktober kemarin ada rolling penyiar dan nuansanya pun tidak syahdu lagi.


banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: