Minggu, 23 Agustus 2015

Bank Mandiri Baru Menerapkan PIN 6 Digit

Minggu, 23 Agustus 2015 | 22.55 WIB
Hari Sabtu kemarin ketika saya ke ATM Mandiri, setelah selesai bertansaksi ambil uang, struk keluar dan ada tulisan tentang arahan untuk mengganti PIN kartu ATM Mandiri dari 4 digit menjadi 6 digit. Bank Mandiri ini termasuk paling terlambat jika dibanding bank besar lainnya (BCA, BRI, dan BNI) dalam menerapkan PIN 6 digit.

Seingat saya, BRI mulai menerapkan 6 digit sekitar Juni 2007 (bayangin, 8 tahun lalu meenn). Dan penerapannya pun langsung di layar pertama ketika nasabah selesai memasukkan PIN yang 4 digit. Kalo tidak diubah, nasabah tidak bisa bertransaksi saat itu juga.

Di ATM Mandiri gak begitu. Setelah memasukkan kartu, pilih bahasa, masukkan PIN 4 digit, layar masih tetap alias gak langsung ke menu transaksi seperti sebelum2nya. Jadi harus tekan tombol Enter/Accept. *kalo nasabah gak begitu paham, mungkin langsung tarik kartu, dikiranya ada gangguan* Setelah itu, baru bisa ubah PIN menjadi 6 digit di menu Ubah PIN. Prosedur begitu malah merepotkan/membingungkan nasabah. Ini buktinya:


Dalam hal ini, BRI jauh lebih bagus penerapannya, gak membingungkan kayak Bank Mandiri. BCA bahkan mungkin jadi yang pertama dalam menerapkan PIN 6 digit.


Jl. Monjali, Sinduadi, Jogja
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: